Ebook Makalah Ilmu Budaya Dasar

Inti dari pada ebook adalah ulasan-ulasan singkat tentang pandangan Puak Melayu di Riau pada masa silam serta kenyataan yang timbul pada pergaulan masyarakat dewasa ini. Ebook ini tersajikan atas rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam rangka memenuhi salah satu kewajiban sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Riau, khususnya sebagai bahan rujukan penilaian Mid Semester dalam Bidang Ilmu Budaya Dasar.
Di dalam ebook ini dapat dibaca beberapa kearifan puak melayu di Riau, antara lain:
1. Orang melayu senantiasa mendo’akan para pemimpin-pemimpin pilihan yang selalu mengayomi dan melindungi rakyatnya.
2. Pemahaman terhadap bahwasa kekuasaan tidak bersifat baka (abadi/kekal selama-lamanya), maka tidak ada salahnya bila seorang pemimpin melepaskan dengan rendah hati segala tugas dan tanggung jawabnya, karena terlalu lama memimpin maka dirinya akan terbuai dengan kemewahan yang dirasakan dan membuat ia enggan jauh dari kekuasaan.
3. Dalam pandangan tradisi melayu, pemimpin itu bagaikan air. Jika dia sebagai air yang jernih, tentu masyarakat yang dipimpinnya akan mudah dibersihkan olehnya, sebaliknya, jika laksana air yang kotor, warga masyarakat juga akan tercemar. Karena itulah orang melayu membuat perumpamaan, air di hilir tidak akan jernih bila di hulu airnya keruh.
5. Harta itu yang utama berkahnya, bukan jumlahnya. Harta yang diperoleh dengan jalan pintas (haram) hanya akan mendatangkan malapetaka baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Membuat Ebook Ilmu Budaya Dasar (Cover dan isi)
Buka/Tutup

No comments:

Post a Comment